Tips Agar Mempunyai Banyak Teman Kerja Di Kantor

Tips Agar Mempunyai Banyak Teman Kerja Di Kantor

Studentsforchanges –¬†Saat memasuki dunia kerja, orang yang paling sering Anda temui adalah rekan kerja Anda. Ini adalah orang-orang yang akan menggantikan keluarga atau teman Anda selama beberapa jam sehari. Tidak heran Anda ingin mereka menyukai Anda, setidaknya memiliki teman untuk mengobrol dan merasa nyaman bekerja dengannya.

Menjadi disukai oleh rekan kerja Anda tidak sulit, tetapi memang membutuhkan pengorbanan kecil. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan.

1. Ramah

Jika statusmu masih baru, bersikap baik itu sangat penting agar banyak orang yang mengenalmu. Jangan ragu untuk tersenyum atau melambai pada mereka saat Anda lewat, bahkan jika mereka berada di divisi yang berbeda dengan Anda.

Jika Anda terlihat seperti orang asing, mereka pasti akan menanyakan nama Anda. Disinilah persahabatan bisa terjalin.

2. Mau berbagi

Untuk memiliki banyak teman, Anda harus rela berbagi berbagai hal, seperti ilmu, fasilitas, dan makanan. Jika Anda tidak pelit, mereka akan melakukan hal yang sama. Dia bahkan lebih dari senang untuk menawarkan apa pun kepada Anda, bahkan jika Anda tidak memintanya.

Berbagi tidak akan kekurangan, tetapi kelimpahan. Lebih banyak akan datang kepada Anda, jadi tidak perlu menghitung untuk kebaikan.

3. Berbaur dengan orang lain

Tidak masalah jika Anda tipikal introvert, tetapi jangan terlalu sering meninggalkan diri sendiri di kantor. Kolega bahkan takut untuk mendekati Anda karena mereka tidak ingin mengganggu Anda saat itu. Akibatnya, jumlah teman Anda tidak bertambah dari awal.

Cobalah berbaur dengan mereka, misalnya makan siang bersama atau minum kopi sepulang kerja. Sifat ramah Anda akan membuat mereka nyaman, sehingga jumlah teman Anda bertambah setiap hari.

4. Aktif dalam kegiatan kantor

Jika seorang rekan sedang merencanakan kegiatan di akhir pekan, misalnya, jangan ragu untuk berpartisipasi. Misalnya, gotong royong, jogging, bersepeda atau mendaki gunung bersama. Selain menambah teman, kegiatan ini membuat kamu lebih hidup karena kamu tidak harus menghabiskan akhir pekan sendirian seperti biasanya.

Jangan takut bentrok asalkan semuanya tertata dengan baik. Pastikan semua pekerjaan akhir pekan Anda selesai, sehingga Anda tidak perlu memikirkannya saat sedang bersenang-senang dengan rekan kerja.

5. Dapat dipercaya

Anda tidak harus pintar agar orang lain mempercayai Anda. Yang diperlukan hanyalah komitmen bahwa Anda dapat melakukan sesuatu untuk itu. Jika Anda bisa membuktikannya, orang lain akan mengenal Anda lebih baik.

Misalnya, jika bos Anda memanggil Anda untuk presentasi bulanan, buat kesepakatan dan siapkan materi yang bagus. Tidak hanya bos, rekan kerja juga mempercayai Anda dalam sebuah proyek, seperti menjadikan Anda sebagai pemimpin tim. Karena mereka percaya pada potensi dan kinerja Anda.

6. Hormati rekan kerja Anda

Pengakuan juga diperlukan untuk meningkatkan lingkaran pertemanan di kantor. Misalnya, dalam rapat, Anda hanya perlu mendengarkan rekan kerja Anda sampai selesai berbicara, lalu Anda dapat menambahkan informasi. Oleh karena itu, jangan pernah menyela pembicaraan karena ini akan mengalihkan perhatian mereka.

Tidak hanya opini, Anda juga harus menghargai suku, ras, agama, budaya dan kepercayaan orang lain. Terimalah kenyataan bahwa dunia ini penuh dengan perbedaan, sehingga Anda tidak akan kesulitan menghargai orang lain.

7. Bisa diajak kerjasama

Jadilah seseorang yang dapat bekerja sama dengan Anda dalam banyak hal, seperti proyek yang melibatkan tim. Untuk melakukan ini, Anda memberikan pendapat, menghadiri rapat tim, dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan tim kepada Anda.

Ini mungkin terlihat sepele, tapi dia adalah tipe orang yang disukai rekan kerja. Jika Anda tipe individualistis, Anda perlu menekan sifat ini agar tidak ditolak oleh rekan kerja Anda di kantor.

Referensi:

Blitarkota

gaji penyiar radio